Bupati Lantik 202 Kepala Desa, Jangan Jadi Firaun Kecil

DSC_2519CIBINONG – Bupati Bogor Rachmat Yasin menitipkan 4 pesan kepada 202 kepala desa (kades) terpilih yang dilantik dalam acara Upacara Pengambilan Sumpah Kepala Desa se-Kabupaten Bogor masa bhakti 2013-2019 di Gedung Tegar Beriman, Kecamatan Cibinong, Senin (15/4).
Semua kades, harus melaksanakan 4 hal setelah dilantik dan serahterima jabatan dengan pejabat lama. Yakni, tidak menganggap jabatan sebagai simbol kekuasaan, melakukan rekon­siliasi atau mendamaikan kelompok-kelompok yang pernah terkotak-kotakkan, melakukan konsolidasi ad­mi­nistrasi, dan menjaga amanah yang telah diberikan.
“Entah saya mau mengucapkan se­lamat atau Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Sebab, ada filosofi Is­lam mengatakan kepemimpinan adalah awal kesengsaraan. Ya walau bagai­ma­napun, tetap saya yang pertama kali mengucapkan selamat, baik un­tuk yang pertama atau hal kedua,” ujar RY, sapaan akrab Bupati Bogor.
Ia mengungkapkan, jabatan kades bu­kanlah simbol kekuasaan. Apa­lagi bila sampai ada kades yang me­rasa menjadi Firaun-Firaun kecil. “Ja­ngan sampai itu terjadi ya. Ka­des itu tugasnya menjadi pelayan mas­ya­rakat. Lakukan yang namanya re­konsiliasi. Ngerti teu Rekonsiliasi? Me­ngembalikan suasana tanpa kon­flik, gesekan, pasea, satu sama lain,” lanjut Bupati.
Ia mengingatkan, sumpah yang sudah dilakukan oleh para kades di hadapan Allah SWT harus bisa dipertanggungjawabkan.Sebab, jabat­an menjadi tempat khilaf dan lupa manusia itu sendiri. Ia pun me­minta agar kades yang dilantik bisa menjaga sikap di hadapan lawan yang kalah dalam pemilihan kepala desa yang lalu. Jangan sampai, katanya, mendatangkan rasa dendam. “Ulah emprak di harepan nu eleh. Semua yang ikut serta dalam kompetisi harus dirangkul. Sekecil apapun, mereka tetap punya pendukung,” tegasnya.
Rachmat Yasin yang juga Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Par­tai Persatuan Pembangunan (PPP) Jawa Barat ini melanjutkan, ka­des terpilih harus dapat mem­perhati­kan program-program dan bersinergi de­ngan program Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor. “Kalau ADD (Alo­kasi Dana Desa-red.) cair, ingat sa­ma Tim Penggerak PKK. Lindungi mas­yarakat, baik kesehatan dan pen­didikannya. Serap aspirasi dan per­mudah pengurusan akte kela­hiran anak. Plus, permudah pem­berian kartu jampe sehat,” terangnya.
Terkait koordinasi dengan camat, bupati meminta agar para kades bisa diatur dan tidak boleh semena-mena dalam bertindak. “Tidak boleh ada kades nu bedegong ku camat karena ca­mat perpanjangan tangan saya,” urainya. Pelantikan para kades, membuat, kawasan perkantoran Bu­pati Bogor padat. Parkir kendaraan melebar ke badan jalan jalur lambat menuju arah Daralon. Sebab, 202 kades yang di­lantik, turut diiringi pendukung. Tidai sedikit yang harus puas di luar gedung. Namun, situasi aman ter­ken­dali, karena aparat Polres Bogor dibantu Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP). Gedung Tegar Beriman melakukan penjagaan ketat.
Rakiman, salah seorang pen­du­kung yang tertahan di luar gedung menyampaikan keke­cewaannya karena tak bisa melihat langsung pelan­tikan kades pilihannya. “Kita udah dari pagi di sini. Tapi katanya ga bisa masuk. Kecewa juga tapi mau gi­mana lagi,” ucapnya.
Berbeda dengan Rakiman, Selly, salah seorang keluarga Kades Ci­bunar-Kecamatan Parung Panjang merasa bangga bisa berada di dalam gedung dan mengantar salah seorang anggota keluarganya di pelantikan. “Kita keluarga, makanya bisa masuk. Alhamdulillah, banggalah keluarga kita bisa di sini,” jelasnya.
Sementara itu, Neneng Achmad Fauzi, Kades Singajaya-Kecamatan Jonggol yang terpilih dalam pil­kades kali ini menyampaikan rasa leganya karena semua acara ber­jalan lancar. Selanjutnya, kata dia, se­jum­lah tu­gas penting yang men­jadi prioritas uta­manya sudah me­nan­ti, mulai dari pengembangan pendidikan, kesehatan, ekonomi dan berlan­das­kan keimanan terhadap Tu­han Yang Maha Esa. “Saya akan menya­tukan kembali kelompok-kelompok mas­yarakat yang sempat terpecah ter­lebih dahulu,” janjinya. =RFM

Sumber : Pakuan Raya Online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: