Desa Wajib Miliki Badan Usaha

BOGOR (Pos Kota) –  Seluruh pemeritahan desa di Kabuapten Bogor  diwajibkan pada 2015 sudah memiliki  Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Sampai saat ini dari 534 desa dan kelurahan, baru 172 desa yang punya Bumdes, sedangkan 362 desa lainya belum memiliki badan usaha.

“BUMDes itu ibarat ujung tombak pemerintahan desa, sebab tanpa itu, desa tidak bisa menerima bantuan dari pemerintah, baik pusat, provinsi atau kabupaten,” ungkap Kabid Pemberdayaan Desa dan Perekonomian Masyarakat Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Bogor ,Faturachman, Senin.

Menurutnya Bumdes  menjadi salah satu wadah bagi pemerintah untuk mengusucurkan bantuan ke pemerintaha desa sesuia UU Desa No.,6 Tahun 2013 tetang Desa. “Selain itu bagi Pemkab Bogor keberadaan badan usaha ini akan juga dijadikan indikator penilaian dalam lomba desa,” jelasnya.

Sebab itu, katanya pemkab berharap  akhir 2015, semua  desa  sudah memiliki  badan usaha ini. “Sisanya 362 desa  yang belum punya Bumdes, akan kita bantu bentuk Bumdes sampai akhir tahun ini kita target 53 desa/kelurahan sudah terbentuk,” katanya.

Pembentukan Bumdes ini disambut sejumlah kades termasuk Kades Sukamulya Kecamatan Rumpin Suganda. Menurutnya, selama ini pemerintahan desa yang dipimpin kesulitan dalam mencari pendapatan desa yang bersifat bantuan dari pemerintah. “Tujuan Bumes itu salah satunya  membantu pendapatan desa. Sampai saat ini Desa Sukamulya belum punya Bumdes.” katanya.

Sebab itu, dia berjanji akan segera mebentukanya. Apalagi syarat pembentukan Bumdes cukup dari  Kades membentuk peratururan desa  tentang Bumdes, kemudian diundangkan di Sekretaris Desa setelah dievaluasi dan sahkan oleh Bupati.  “Saya kira susah dan berbelit, Ternyata nggal pakai modal,” ucapnya. (iwan)

Sumber : Poskota

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: